Call 021- 7505492

For further enquires

MENGEVALUASI PERKEMBANGAN ANAK DENGAN FLYING STAR

A. MENGAPA HARUS ADA EVALUASI?
 Evaluasi / penilainan biasanya diarahkan pada tiga aspek tingkah laku penting yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap/ perilaku), afektif (sikap/ perilaku) dan psikomotor (keterampilan)

Tujuan pendidikan prasekolah adalah meletakan dasar kea rah perkembangan sikap, pengetahuan dan ketrampilan sertaday cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam meyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya

Jika pencapaian pembelajaran tidak diharapkan dapat dicari solusinya. Tujuannya agar orang tua tahu bagaimana perkembangan anaknya.

B. APA YANG DIMAKSUD DENGAN EVALUASI?
 Evaluasi dilakukan dala rangka untuk mendapatkan informasi mengenai kemajuan belajar anak yang dilakukan dalam satuan waktu, berkesinambungan dan berkelanjutan. Evaluasi dilakukan oleh pendidik untuk anak didiknya dalam melaksanakan pembelajaran melalui permainan.

C. MACAM- MACAM EVALUASI
 i. Evaluasi Program
  Efektivitas Program dapat mencakup penilaian terhadap:
- Kinerja pendidik dan pengelola
- Program pembelajarna
- Administrasi Kelompok

Evaluasi program dapat dilakukan oleh petugas Dinas Pendidikan kecamatan bersama unsur PKK

 ii. Evaluasi Kemajuan Perkembangan Anak
Dapat dilakukan setiap hari atau sesuai dengan kebutuhan pendidik. Hal- hal yang dievaluasi:
- Perkembangan intelektual
- Bahasa
- Motorik (kasar dan halus)
- Sosial- emosi
- Agama 
- Seni

D. DASAR EVALUASI MELIPUTI:
 i. Menyangkut semua aspek perkembangan
  Meliputi perkembangan intelektual, bahasa, motorik, (kasar dan halus), sosial- emosi, agama dan seni

 ii. Berkesinambungan
  Dilakukan terus- menerus

 iii. Mengarah pada tujuan
  
 iv. Tidak berat sebelah (obyektif)
  Menggambarkan kemampuan anak apa adanya.

 v. Memberi makna bagi anak
  Evaluasi harus dapat membuat anak menjadi termotivasi dalam melakukan pembelajaran permainan 

 vi. Mendidik
  Evaluasi disini tidak hanya mencari kesalahan dan kekurangan anak, justru mengetahui keberhasilan dan perkembangan anak yang akan dicapai

  Evaluasi tidak boleh membuat anak menjadi patah semangat. Jika ia termasuk anak yang kurang berhasil maka seorang pendidik bertugas untuk memberikannya semangat untuk mengubah agar anak menjadi lebih baik lagi.

E. TUJUAN EVALUASI:
 i. Memantau perkembangan anak
  Evaluasi pembelajaran perkembangan anak bias dipantau. Hal ini penting karena pada dasarnya pembelajaran dan permainan yang dilakukan merupakan dari perkembangan anak.

 ii. Mengetahui kesulitan “belajar” anak

 iii. Melakukan penempatan
  Pendidik harus tahu keinginan anak, jika anak salah ditempatkan maka akan mengakibatkan kesulitan bagi anak. Perlu dilakukan evaluai agar pendidik tahu bakat, minat anak dan kemampuan anak. Biasanya penempatan anak pada suatu kelompok dapat berdaarkan minat, bakat, dan kemampuan misalnya; seni suara, seni lukis, dan konstruksi bangun.

 iv. Sebagai pertanggungjawaban seorang pendidik
  Pertanggung jawaban diaplikasikan dengan cara melakukan laporan mengenai perkembangan anak didiknya kepada orang tua.


Flying Star Day Care and Training Center dapat menyediakan anda, tenaga pembina PAUD untuk di rumah anda atau dapat berkerjasama dengan baby sitter, tempat penitipan anak, TPA, suster, nanny, governess, penyalur baby sitter, pembantu, serta pengasuh anak lainnya untuk menerapkan “AKTIFITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)” di rumah anda, agar anak bermain untuk belajar. Hubungi bagian marketing kami di 021- 98585856 atau 081388585600

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tags

"Hubungi kami di 021-98585856 atau 0813 88585 600 untuk memesan program PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, pengasuh anak atau daycare"

Pendidikan Anak Usia Dini Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino